Langsung ke konten utama

KULINER PALING ENAK SAAT KE LAMPUNG


Dengan adanya jalan tol dari Bakaheuni menuju Lampung membuat para pecinta kuliner yang tinggal di Jakarta punya pilihan baru untuk menghabiskan akhir pekannya berwisata kuliner. Ditambah lagi jika waktu perjalanan di rencanakan lebih matang dengan menyesuaikan waktu penyeberangan Ferry Express. Ferry Express memiliki waktu perjalanan yang lebih tepat waktu. Antara pelabuhan ke pelabuhan kurang lebih hanya memakan waktu 1,5 jam. Sedangkan perjalanan di jalan tol Bakaheuni menuju Bandar Lampung sendiri dapat ditempuh sekitar 1 jam.

Kuliner di Lampung amat sangat banyak pilihannya, akan tetapi saya menganjurkan untuk mengutamakan di list berikut ini, semoga kita satu selera ya 😊.

1. Ayam Telur di Restoran Begadang 2 - Jl. Diponegoro, Gotong Royong, Kec. Tj. Karang Pusat, Kota Bandar Lampung - 0721 253201

Di Lampung di temui banyak cabang rumah makan padang yang bernama Begadang. Akan tetapi info yang saya terima, hanya di Resto Begadang 2 yang menyajikan menu Ayam Telur ini. Semua masakan di sini rasanya enak, tetapi favorit disini si Ayam Telur ini lengkap dengan sambal merahnya. Ayam Telur ini mirip dengan Ayam Pop tetapi di lumuri dengan lapisan telur saat menggorengnya. Saya rasa tanpa baluran telurnya sekalipun rasa ayamnya sudah sangat enak.





2. Mie Lampung II - Jl. Raden Intan No. 99/3, Enggal, Kec. Tj. Karang Pusat, Kota Bandar Lampung - 0721 242684

Lampung juga terkenal dengan mie ayamnya, tetapi maaf ya buat yang sudah punya gacoan mie ayam Lampung, menuruu saya, inilah juaranya di Lampung. Karena selain texture mienya yg pas, tidak berbau aneh, rasa minyak mie ayamnya ringan, tidak terlalu berminyak, ditambah ada potongan mie ayam rebus dan ati ampla. Kalo ingin ke sini sebaiknya pagi biar tidak terlalu antri dan masih lengkap.






3. Roti Keju dan Roti Duren di JON's Boulangerie & Patisserie - E35127, Jl. Jend. Sudirman No. 55, Rw. Laut, Engal, Kota Bandar Lampung - 0721 5605039

Asalkan kalian tidak masalah dengan durian atau keju, roti-roti ini harus dicoba. Rasanya tidak sekedar roti dengan isi keju atau duren, tetapi texturenya juga membuat mereka seperti suatu makanan baru, susah saya jelasinnya.






4. Pempek 88 - Jl. Salim Batubara No. 57, Kupang Teba, Kec. Tlk Betung Utara, Kota Bandar Lampung - 0721 487471

Pempek bertebaran di Lampung, pilihan saya jatuh pada resto ini. Disini mereka menggunakan ikan belida sebagai bahan ikannya, mungkin di tempat lain juga demikian. Cobalah pempek pistel (isi pepaya) dan es lobi-lobi, perpaduan yang pas. Jika ingin memesan dalam jumlah banyak untuk dibawa keluar kota, sebaiknya melakukan pemesanan 2 hari sebelumnya agar disiapkan dalam packaging yg aman.





5. Bakso & Mie Ayam Son Haji Sony - Jl. Wolter Monginsidi No. 42 A, Durian Payung, Kec. Tj. Karang Pusat, Kota Bandar Lampung  

Entah mengapa, menurut saya bakso disini lebih enak jika dimasak dirumah. Mereka menyediakan dakam bentuk frozen plus bumbu kuahnya jadi bisa dibawa ke Jakarta. Mungkin karena jika disantap di tempat kurang didukung dengan suasana yang nyaman. Tempat ini selalu ramai pembeli jadi maaf jika saya kurang bisa menikmati makanan dengan kondisi yang ramai sekali. Oh iya, mereka juga menjual pempek frozen yang hampir selalu tersedia, jadi jika malas memesan lebih awal di tempat lain bisa langsung beli disini. Rasanya juga enak kok.


6. Pindang Meranjat Riu - Jl. Pramuka, Rajabasa, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung

Pindang meranjat adalah sop ikan dengan kuah asam manis sedikit pedas. Rasanya sangat segar dan tidak amis, dikarenakan ikan yang digunakan masih segar dan ditambah dengan adanya kemangi dan nanas. Disini kita bisa memilih bagian ikan yang kita sukai. Jika tidak suka dengan hidangan ikan, di resto ini juga disediakan menu-menu lainnya. Suasanan restaurantnya berupa taman seperti kuring dengan gubuk-gubuk lesehan yang di kelilingi taman. 





7. Oleh-oleh

Tidak komplit rasanya jika kita ke Lampung tidak mampir ke tempat oleh-oleh khas Lampung. Ada tiga toko rekomendasi buat membeli oleh-oleh ini. Yaitu Toko Yussy Akmal yang terkenal dengan pie pisang susunya, Manisan Yen-yen yang terkenal dengan segala jenis cemilan dan terakhir adalah Suseno yang terkenal dengan keripik pisang dan sambal goreng udangnya.


8. Cafe dan Coffee Shop

Di Lampung saat ini sudah ramai bertebaran cafe dan coffee shop dengan design yang lucu dan instagramable. Untuk coffee shop saya memilih Dijou Coffee Bar, sedangkan untuk makan malam, saya memilih Lieps Cafe. Bangunan Lieps Cafe ini sangat unit karena ruang di dalamnya terbagi dalam beberapa ruangan split level. Saya memilih untuk duduk di balkon yang berada di luar ruangan, sangat nyaman di malam hari. 






Wah nampaknya timbangan badan sudah mulai bertambah, saatnya untuk kembali ke ibukota. Semoga info di atas berkenan dan langsung cuss ke Lampung.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LIST DRAKOR TERBAIK - DARI TAHUN 1975 HINGGA 2021

TERBAIK 2021 A Happy Other’s House All of Us Are Dead Arthdal Chronicles 2 Bossam - Stealing Fate Cliffhanger  Come to Witch’s Restaurant  Dark Hole Dear M Devilish Judge Doctor Prisoners 2 Fly High Butterfly  Freak Great Real Estate Hello? It’s Me! Here Hospital Playlist 2 I Know But Island Joseon Exorcist  Law School  Love Alarm 2 Love Scene Number Marriage Lyrics, Divorce Composition  Money Heist  Monthly House Mouse Next Door Witch J No Longer Human Oddball Oh! Master Red Cuff on the Sleeve River Where the Moon Rises Sisyphus: The Myth Snowdrop So Not Worth It Sunbae, Don’t Put On That Lipstick  Suriname  Sweet Home The Borrowed Body The Cursed 2 The One Day Destruction Entered the Front Door of My House Times Uncle Undercover  Vincenzo You Are My Spring Youth Youth of May TERBAIK 2020 Uncanny Counter  Start-up  The King: Eternal Monarch  A World of Married Couple  Record of Youth  Hospital Playlist  Itaewon Class  Flower of Evil  Mr. Queen  Its Okat to Not Be Okay 

RESEP MAKANAN SELURUH INDONESIA

SUMATERA 1. Banda Aceh 2. Langsa 3. Lhokseumawe:  Rujak Aceh https://youtu.be/vqSmUjOo2ww 4. Meulaboh 5. Sabang 6. Subulussalam 7. Pangkalpinang 8. Bengkulu 9. Sungai Penuh 10. Jambi 11. Batam 12. Tanjungpinang 13. Bandar Lampung 14. Metro 15. Dumai 16. Pekanbaru 17. Bukittinggi: Ayam Pop   https://youtu.be/XUqCAhae1Uo 18. Padang 19. Padangpanjang 20. Pariaman 21. Payakumbuh 22. Sawahlunto 23. Solok 24. Lubuklinggau 25. Pagaralam 26. Palembang 27. Prabumulih 28. Binjai 29. Medan 30. Padang Sidempuan 31. Pematangsiantar 32. Sibolga 33. Tanjungbalai 34. Tebingtinggi JAWA 35. Cilegon 36. Serang 37. Tangerang Selatan 38. Tangerang 39. Jakarta Barat 40. Jakarta Pusat 41. Jakarta Selatan 42. Jakarta Timur 43. Jakarta Utara 44. Bandung 45. Bekasi 46. Bogor 47. Cimahi 48. Cirebon 49. Depok 50. Sukabumi 51. Tasikmalaya 52. Banjar 53. Magela

ITINERARY DI TURKI SAAT LIBURAN MUSIM DINGIN

Pada tulisan ini saya hanya akan sharing tentang list yang wajib dikunjungi saat berlibur di musim dingin di Turki, mengenai detail untuk mengunjungi negara Turki, akan saya share di postingan yang berbeda. Cuaca di Turki saat musim dingin dapat berkisar sekitar 1 derajat Celcius, sedangkan untuk daerah pegunungan bisa mencapai minus 2 derajat Celcius. Terkadang yang membuat udara menjadi lebih dingin adalah angin atau wind chill yang terkadang lebih dingin dari suhu yang ada, terutama di saat hujan. Maka sangat di anjurkan untuk memakai pakaian tebal dan berlapis.  Hampir diseluruh pelosok Turki mewakili sejarah berdirinya kota Turki, akan lebih nyaman jika kita sedikit berbekal ilmu sebelum berangkat mengunjungi tiap-tiap obyek wisata. Sehingga saat kita berada di tiap-tiap situs sejarah, kita tidak perlu berlama-lama mendengarkan pemandu sejarah di masing-masing obyeknya, mengingat udara dingin membuat kita tidak nyaman jika harus berlama-lama di luar ruangan.