Langsung ke konten utama

ITINERARY DI TURKI SAAT LIBURAN MUSIM DINGIN


Pada tulisan ini saya hanya akan sharing tentang list yang wajib dikunjungi saat berlibur di musim dingin di Turki, mengenai detail untuk mengunjungi negara Turki, akan saya share di postingan yang berbeda.

Cuaca di Turki saat musim dingin dapat berkisar sekitar 1 derajat Celcius, sedangkan untuk daerah pegunungan bisa mencapai minus 2 derajat Celcius. Terkadang yang membuat udara menjadi lebih dingin adalah angin atau wind chill yang terkadang lebih dingin dari suhu yang ada, terutama di saat hujan. Maka sangat di anjurkan untuk memakai pakaian tebal dan berlapis. 

Hampir diseluruh pelosok Turki mewakili sejarah berdirinya kota Turki, akan lebih nyaman jika kita sedikit berbekal ilmu sebelum berangkat mengunjungi tiap-tiap obyek wisata. Sehingga saat kita berada di tiap-tiap situs sejarah, kita tidak perlu berlama-lama mendengarkan pemandu sejarah di masing-masing obyeknya, mengingat udara dingin membuat kita tidak nyaman jika harus berlama-lama di luar ruangan.


1. ISTANBUL



Istanbul adalah pusat perekonomian di Turki, sedangkan pusat pemerintahan berada di Ankara. Tidak heran jika Istanbul sangat padat penduduk, kemacetan terasa sama seperti di Jakarta, bahkan terkadang melebihi. Jika anda mengatur trip sendiri, ada baiknya memperkirakan waktu yang harus diluangkan untuk kemacetan. Dan jangan lupa, matahari terbit lebih lambat daripada biasanya, sekitar pukul 8 pagi, baru nampak adanya sinar matahari. Sehingga kita harus pandai-pandai dalam mengatur waktu perjalanan, terutama bagi umat muslim yang harus beribadah sholat subuh. 


2. GRAND BAZAAR








Grand Bazaar adalah salah satu tempat belanja tertua di Turki, konon tertua di dunia karena berumur 500 tahun lebih. Di dalamnya terdapat 3,000 toko dengan aneka ragam dagangan. Saya memilih tempat ini menjadi tujuan pertama saya dikarenakan udara yang dingin diluar, akan terasa nyaman jika kita bisa berbelanja di dalam area yang tertutup. Bangunannya seperti lorong-lorong dengan dinding bebatuan, harap dingat pintu masuk jika anda tidak ingin tersesat.

Barang-barang di jual disini kebanyakan adalah souvenir khas Turki, jangan ragu untuk menawar dan tidak perlu takut jika penjual nampak marah, asalkan anda tetap sopan. Tetapi jangan teralu kalap juga saat berbelanja disini, dikarenakan area ini sangat padat, sehingga kemungkinan anda harus berjalan jauh menuju tempat parkir kendaraan anda.


3. SULTAN AHMET SQUARE




Sultan Ahmet Square adalah kawasan kota tua Istanbul. Di dalam kompleks ini terdapat Blue Mosque, Haghia Sophia, Istana Topkapi dan lain sebagainya. Di dalam kawasan ini juga terdapat hotel-hotel mungil dan cafe-cafe yang sangat instagramable.


4. BLUE MOSQUE







Berada di dalam area Sultan Ahmet, Mesjid Biru ini masih berfungsi sebagai masjid, tetapi kita masih dapat memasukinya walaupun tidak akan melaksanakan sholat, hanya saja untuk para wanita di anjurkan untuk menutup kepala dengan kain. Saat mengantri masuk, kita akan melewati antrian orang yang sedang melepas sepatu dan memasukannya ke dalam tas. Untuk lebih nyamanya sebaiknya kita mempersiapkan tas untuk memasukan dan membawa tas yang berisi sepatu ke dalam.


5. HAGIA SOPHIA






Tepat berseberangan dengan Blue Mosque, kita dapat berjalan kaki menuju bangunan Hagia Sophia, yaitu bangunan yang dahulunya berupa gereja, lalu berubah fungsi menjadi masjid dan terakhir di fungsikan sebagai museum.

Di dalam gedung kita akan melihat simbol-simbol dari ke dua agama dari tempat ibadah sebelumnya. Selain itu terdapat lampu-lampu gantung cantik yang masih dijaga keaslianya.


6. TOPKAPI PALACE







Masih berdekatan dengan Hagia Sophia, kita dapat mengunjungi Istana Topkapi. Istana Topkapi dahulunya adalah komplek istana kediaman resmi Sultan. Di dalamnya terdapat bangunan-bangunan dengan fungsi yang berbeda, salah satunya adalah Harem. Kita dapat memasuki hampir semua bangunan-bangunan tersebut serta melihat koleksi furniture-furniture yang dipakai di saat itu.


7. KOFTECI YUSUF






Tempat ini adalah restaurant yang berada di luar kota Istanbul. Jika anda berniat meninggalkan kota Istanbul dan mengunjungi kota lain, maka tidak ada salahnya mampir ke tempat makan ini. Tempat ini menyajikan berbagai macam olahan daging serta hidangan lainnya. Tempatnya cukup luas dan dilengkapi dengan musholla bagi umat muslim yang hendak sholat.


8. MOUNT ULUDAG






Tidak lengkap jika kita mengunjungi Turki di musim dingin tanpa bermain salju. Di Mount Uludag. Untuk mencapai puncaknya, kita dapat menggunakan cable car. Sesampainya di atas, selain bermain salju, terdapat berbagai cafe untuk memcicipi hidangan setempat atau sekedar menikmati kopi Turki yang khas. Bagi yang rindu popmie, disinipun akan terobati.


9. BURSA


Setelah lelah bermain salju, kita dapat turun ke kota Bursa untuk mencari tempat makan atau penginapan. Jangan lupa membeli souvenir berupa kain silk dari Bursa sangat terkenal.


10. ULU CAMI




Disebut juga Grand Mosque atau Mesjid Agung. Seperti memasuki Blue Mosque, disini juga disarankan untuk menutup rambut dengan kain bagi wanita, serta harus melepas alas kaki saat memasukinya. 

Keunikan masjid di Turki yang saya jumpai, tempat berwudhu wanita berada di luar, sedangan untuk kaum pria berada di dalam masjid berupa kolam seperti kolam hias. Hal unik lain dari bangunan masjid ini terdiri dari 20 kubah dan merupakan simbol bangunan arsitektur Seljuk.


11. GREEN TOMB




Bangunan heksagonal berwarna hijau ini adalah makan Sultan Mehmet I, atau Sultan Ottoman yang ke 5. 


12. GREEN MOSQUE


Green Mosque adalah masjid yang letaknya bersebrangan dengan Green Tomb. Di dalam masjid ini penuh dengan kaligrafi dan lantai ubin yang indah. Jika anda beruntung, anda akan bertemu dengan Imam masjid ini yang akan mempraktekan 5 adzan yang berbeda untuk masing-masing waktu shalat.


13. MUNIRA





Munira adalah salah satu tempat oleh-oleh yang besar, disini anda dapat berbelanja berbagai souvenir termasuk makanan khas Turki yaitu Turkish Delight. Ada berbagai macam type Turkish Delight, untuk yang harga murah anda dapat membelinya langsung di setiap sudut toko, karena sudah dikemas dalam box-box yang tersusun di sudut-sudut toko. Jika anda membukanya, Turkish Delight tersebut berbentuk potongan-potongan kotak kecil dan sedikit keras.

Tetapi Turkish Delight yang enak adalah yang fresh, tanpa pengawet dan harus meminta penjual untuk memotong-motongnya terlebih dahulu dikarenakan mereka menjual dalam bentuk gulungan yang panjang. Tekstur Turkish Delight yang ini lembek seperti kue mochi. Terdapat erbagai rasa, coklat, almond, strawberry, kacang maupun kombinasi-kombinasi rasa lainnya.


14. EPHESUS












Kota yang wajib dikunjungi berikutnya adalah kota Selcuk yang berada di dalam propinsi Izmir. Disini anda wajib mengunjungi Ephesus, adalah komplek bersejarah peninggalan Romawi. Memasuki komplek ini, anda serasa berada di masa para Gladiator berada. Disini ditemukan bangunan perpustakaan hingga theater.


15. LEATHER FACTORY


Masih berada di kota Selcuk, tidak ada salahnya jika sekaligus mengunjungi kerajinan kulit. Anda tidak harus belanja disini, tetapi anda akan dihibur dengan fashion show, jangan kaget jika di tengah-tengah show anda akan ditarik untuk menaiki panggung dan berjalan di catwalk.


16. HIERAPOLIS




Hierrapolis adalak kota suci kuno yang terletak di kota Pamukkale. Hampir mirip dengan Ephesus, banyak reruntuhan-reruntuhan bangunan kuno disini seperti kuil-kuil maupun theatre.


17. TRAVERTINE TERRACE






Masih di dalam komplek Hierrapolis, terdapat travertine atau batu-batu kapur yang berwarna putih hasil dari aliran air panas yang mengandung mineral. Karena itulah kota ini bernama Pamukkale yang artinya White Castle atau Kastil Putih. Silahkan mencoba menyentuh air panas yang mengalir atau melihat pemandangan disekitar yang sangat cantik. Jika anda beruntung, anda dapat menyaksikan hot air baloon yang berwarna-warni. Saat yang terbaik mengunjungi area ini adalah saat matahari terbit.


18. CLEOPATRA POOL




Konon, ini adalah kolam hadiah dari Marc Anthony kepada Cleopatra, ratu Mesir di masa lalu. Lalu siapa Marc Anthony? Yang pasti bukan Marc Anthony mantanya Je-Lo. Daripada habis ini google, saya jelaskan saja, Marc atau marcus Anthony adalah jendral penting yang merubah Roman Empire menjadi Roman Republic.


19. MEVLANA MUSEUM













Terletak di kota Konya, yaitu di pusat Anatolia, Turkey bagian Asia. Disini tempat dimakamkannya seorang Sufi yang bernama Jalaludin Rumi. Dahulunya di tempat ini beliau mendirikan sekolah atau pemondokan semacam pesantren. Di tengah komplek terdapat bangunan yang dikelilingi pagar, dahulunya adalah tempat berwudhu. Sedangkan bangunan inti adalah tempat dimakamkannya Rumi berserta murid-muridnya. Keunikan dari makam-makam tersebut, nisan dari makamnya yang berbentuk menyerupai topi dari para Sufi.


20. SULTANHANI CARAVANSERAI




Dimasa lalu, Turki dikenal dengan Jalur Sutra atau Silk Route, dimasa itu banyak perjalanan perdagangan dengan menggunakan caravan atau kereta kuda. Sepanjang Silk Route tersebut, banyak dijumpa tempat-tempat mereka beristirahat. Salah satunya adalah bangunan ini. Hanya saja khusus bangunan ini, pembangunannya dibiayai oleh Sultan Aladdin Keykubat I, sehingga memiliki kualitas bangunan yang bagus dibandingkan lainnya. 

Didalam komplek ini terdapat tempat istirahat, tempat pertemuan para pedagang, masjid, kandang kuda dan gudang. Bangunannya sangat kokoh, cukup untuk melindungi diri dari serangan para perompak di masa itu.


21. GOREME CAPPADOCIA






Goreme adalah kota lembah, yang merupakan salah satu Taman Nasional Warisan Dunia menurut UNESCO. Terletak di provinsi Nevsehir di Cappadocia. Untuk melihat keindahan Taman Nasional ini kita dapat menggunakan jeep, mirip dengan Tour Merapi di Yogyakarta, hanya saja pemandangan disini ditutupi salju.





Setelah kenyang di ontang-anting dengan jeep mengelilingi Taman Nasional Gerome, tidak ada salahnya kita mengunjungi kota bawah tanah, peninggalan masa lalu. Dahulunya tempat ini adalah tempat persembunyian umat Kristen sebelum agama Kristen di terima.

22. POTTERY


Masih di kota Cappadocia, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu melihat kerajinan pottery. Mereka menawarkan jasa pengiriman dengan 100% penggantian jika rusak di saat pengiriman.


23. CARPET



Keindahan karpet handmade Turki dikenal akan kehalusannya, mereka juga menyediakan jasa pengiriman atau jika bawaan kita tidak banyak, mereka menyediakan tas untuk memudahan kita untuk membawanya. Disini kita akan diperlihatkan cara pembuatan carpet dengan menggunakan pewarnaan alami.


24. JEWLERY


Masih di dekat kompleks pembuatan pottery, kita dapat mengunjungi Pandora Jewelry untuk melihat atau berbelanja perhiasan khas Turki.


25. HOT BALOON AIR









Buat saya, ini adalah salah satu bucket list yang tidak bisa dilewatkan jika ke Turki. Luangkan waktu selama 2 hari di Cappadocia, karena jadwal kenaikan Hot Baloon Air ini dapat di batalkan sewaktu-waktu jika cuaca tidak mendukung.

Jangan malas menggunakan baju berlapis-lapis, dikarenakan saat naik Balon Udara ini adalah di pagi hari, dan suhu di atas dapat berkali-kali lebih dingin dibandingkan dibawah. Saran saya menggunakan long john, sweater lalu jacket tebal, jangan lupa gunakan earmuff, scarf dan topi.


26. TUZ GALU




Tuz Golu atau Salt Lake, adalah danau di selatan Ankara. Konon warnanya bisa berwarna merah, tetapi saat kami ke sana, warnanya seperti danau biasa saja. Yang unik adalah toko souvenir yang terletak di tepi danau ini, disana banyak menjual produk kecantikan yang berbadan dasar garam dari danau ini. Saya membeli cream malam dan cream siang, semoga hasilnya seperti yang dijanjikan.


27. ATTATURK MAUSOLEUM






Terletak di Ibukota Turki Ankara, adalah makam Mustafa Kemal Ataturk, pendiri dan presiden pertama Republik Turki. Jika beruntung, anda dapat melihat upacara pergantian penjaga di komplek  ini. Jangan lupa klik video YouTube nya di https://youtu.be/fUDx6nT6scw

Sekian sharing perjalanan kali ini, untuk videonya dapat dilihat di channel youtube arsitacuss. Terimakasih




Komentar

Postingan populer dari blog ini

LIST DRAKOR TERBAIK - DARI TAHUN 1975 HINGGA 2021

TERBAIK 2021 A Happy Other’s House All of Us Are Dead Arthdal Chronicles 2 Bossam - Stealing Fate Cliffhanger  Come to Witch’s Restaurant  Dark Hole Dear M Devilish Judge Doctor Prisoners 2 Fly High Butterfly  Freak Great Real Estate Hello? It’s Me! Here Hospital Playlist 2 I Know But Island Joseon Exorcist  Law School  Love Alarm 2 Love Scene Number Marriage Lyrics, Divorce Composition  Money Heist  Monthly House Mouse Next Door Witch J No Longer Human Oddball Oh! Master Red Cuff on the Sleeve River Where the Moon Rises Sisyphus: The Myth Snowdrop So Not Worth It Sunbae, Don’t Put On That Lipstick  Suriname  Sweet Home The Borrowed Body The Cursed 2 The One Day Destruction Entered the Front Door of My House Times Uncle Undercover  Vincenzo You Are My Spring Youth Youth of May TERBAIK 2020 Uncanny Counter  Start-up  The King: Eternal Monarch  A World of Married Couple  Record of Youth  Hospital Playlist  Itaewon Class  Flower of Evil  Mr. Queen  Its Okat to Not Be Okay 

RESEP MAKANAN SELURUH INDONESIA

SUMATERA 1. Banda Aceh 2. Langsa 3. Lhokseumawe:  Rujak Aceh https://youtu.be/vqSmUjOo2ww 4. Meulaboh 5. Sabang 6. Subulussalam 7. Pangkalpinang 8. Bengkulu 9. Sungai Penuh 10. Jambi 11. Batam 12. Tanjungpinang 13. Bandar Lampung 14. Metro 15. Dumai 16. Pekanbaru 17. Bukittinggi: Ayam Pop   https://youtu.be/XUqCAhae1Uo 18. Padang 19. Padangpanjang 20. Pariaman 21. Payakumbuh 22. Sawahlunto 23. Solok 24. Lubuklinggau 25. Pagaralam 26. Palembang 27. Prabumulih 28. Binjai 29. Medan 30. Padang Sidempuan 31. Pematangsiantar 32. Sibolga 33. Tanjungbalai 34. Tebingtinggi JAWA 35. Cilegon 36. Serang 37. Tangerang Selatan 38. Tangerang 39. Jakarta Barat 40. Jakarta Pusat 41. Jakarta Selatan 42. Jakarta Timur 43. Jakarta Utara 44. Bandung 45. Bekasi 46. Bogor 47. Cimahi 48. Cirebon 49. Depok 50. Sukabumi 51. Tasikmalaya 52. Banjar 53. Magela